7.28.2006

Hobbit Dari Flores

http://6ix2o9ine.blogspot.com


FYI, asal tahu saja, kisah tentang Hobbit secara lebih komprehensif dapat dibaca di National Geographic Indonesia edisi perdana, April 2005. Fotonya mungkin masih dapat dilihat di nationalgeographic.com/magazine/0504. Secara ilmiah hobbit manusia dari Flores diberi nama Homo floresiensis, ditemukan pada tahun 2003 oleh sekelompok tim ahli dari berbagai negara (termasuk Indonesia). di sebuah tempat yang bernama Liang Bua. Hobbit sendiri merupakan nama yang diberikan berdasar nama seorang tokoh dalam film fiksi Lord of The Ring yang superkeren itu.

Untuk penentangan dan bantahan atas teori baru bahwa Hobbit adalah missing link bagi Homo sapiens, dapat dibaca di Harian Seputar Indonesia No. 321 Tahun ke-1/Sabtu 20 Mei 2006 Halaman 16 yang bersumber dari AFP.


Bantahan tersebut antara lain Hobbit adalah manusia Homo sapiens yang menderita penyakit microcephaly, yaitu kecilnya ukuran tubuh dan otak. Artikel bantahan tersebut juga merujuk pada majalah Science edisi 19 Mei (2006?). Artikel tersebut juga bahwa peralatan yang ditemukan bersama kerangka "Hobbit" dianggap terlalu kompleks untuk bisa dibuat maahluk dengan volume otak sebesar itu.


Artikel di Sindo yang mengutip pernyataan-pernyataan James Phillips, antropolog dari Field Museum Chicago, dari majalah Science juga menyatakan bahwa sangatlah tidak mungkin ada spesies manusia yang berbeda hidup di kawasan timur Indonesia itu, sebab pada masa itu Spesies Homo sapiens sudah menetap di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Flores.


Demikian. Just check it out later.

tulisan ini pernah didistribusikan dalam mailing list blue hikers fsup 30 mei 2006

1 comment:

uderhood said...

Here are some links that I believe will be interested