2.13.2008

MAUT DI TENGAH KONSER MUSIK METAL

MAUT DI TENGAH KONSER MUSIK METAL

Betapa kagetnya saat browsing berita di internet saya mengetahui bahwa ada tragedi yang mengakibatkan 11 anak manusia meregang nyawa di geduang AACC Bandung. Lagi-lagi nyawa harus diregang paksa hanya karena suatu hal yang menurut saya sepele: kesenangan. Musik yang mengantar pada euforia dan kesenangan juga ternyata menjadi melodi pengiring saat malaikat maut menjemput.

Dari pemberitaan yang terdapat di media massa, saya menarik beberapa simpul masalah penyebab terjadinya tragedi konser maut tersebut:
1. Penonton membludak melebihi kapasitas gedung,
2. Tidak adanya gedung kesenian yang representatif untuk menampung kegiatan kesenian anak muda di Bandung,
3. Pemerintah Daerah tidak peduli pada kegiatan kesenian anak muda di Bandung. Padahal Bandung dikenal sebagai barometer musik Indonesia,
4. Alkoholisme. Yep, gak mabok gak metal dong...
5. Pengamanan dari panitia dan kepolisian tidak antisipatif,

Saya sepakat dengan apa yang dilansir Gustaff Hariman dalam pertemuan pascakonser maut (PR, 11 Februari 2008) yang mengatakan bukan alirann musik yang menjadi penyebab kerusuhan. Sebab, grup band ‘adem ayem’ seperti Ungu pun ternyata mengundang maut pada slah satu konsernya di tahun 2007 yang lalu.

Tapi, ini Cuma pertanyaan, apakah aliran musik metal grup metal Beside, yang tampil di acara konser tersebut? Thrash metal, hop metal, atau mungkin black metal? Bila yang terakhir, cukup patut dicurigai, apakah Beside menggelar ‘ritual’ tertentu? Soalnya, yang saya tahu, black metal ditengarai menyuarakan pemujaan terhadap setan. Seperti misalnya band Koil. Dalam lagu ‘Peluk Diriku’, saya menangkap sisi gelap yang secara eksplisit mengungkapkan pemujaan terhadap ‘kegelapan’. ...peluklah diriku//kegelapan abadi//berdoalah saudara-saudara//supaya persembahan kita//diterima olehnya, yang maka kuasa, yang maha kuasa...

Meureun ieu mah, si setan minta korban, soalnya dipuja-puja sih...

Euh berarti saya harus cari mp3-nya Beside untuk ‘mengurai’ liriknya...

Tetapi, apapun itu, semoga maut tidak kembali terulang di tengah konser musik di manapun juga. Harga yang harus dibayar untuk suatu kesenangan yang profan, sangatlah terlalu mahal. Terlalu mahal...

Ciamis, 12 Februari 2008

No comments: