7.25.2023

SHIFTING CUSTOMER SEGMENTATION SIB?


Apa yang sedang dilakukan Persib Bandung per hari ini di akhir Juli 2023 adalah shifting customer segmentation alias mengganti pelanggan.

Itu bentuk kecurigaan saya dari semenjak sebelum Liga 1 2023 bergulir yang semakin hari semakin menemui kebenarannya.

Asumsi saya, bila Persib mempunyai pelanggan (baca: bobotoh) yang santun dan tidak fanatik sebanyak 9 juta orang, buat apa 800.000 bobotoh fanatik yang malah 'katanya' merugikan tim?

Data 9,8 juta bobotoh itu saya ambil dari jumlah followers Persib di Facebook per hari ini yang mencapai 9,8 juta orang followers. Daripada ngurus 800 ribu Bobotoh yang 'riweuh', bikin Persib didenda Komdis, berantem, nyundut flare, ngechant uwa-e##, dan unjang-anjing di stadion, mending 9 juta yang nurut, balageur, walau enggak pernah ke stadion.

Ke depannya, Persib seperti akan menyingkirkan komunitas-komunitas Bobotoh yang loyal dan fanatik, 'konsumen' yang jatuh cinta banget sama Persib tapi lebih sering dikecewakan (dan mengecewakan).

Percaya atau tidak, terbukti atau tidak, tapi gejalanya terlihat jelas. Apalagi ketidakhadiran komunitas di stadion juga seolah tidak dipedulikan oleh Persib. Walau anggota komunitas ini berani membayar mahal tiket yang dulu seringkali jatuh ke calo, Persib lebih memilih segmen bobotoh baru (sebut saja Fansib), yang bisa diatur, dengan memberikan banyak diskon dan kemudahan seperti di screen capture tertera.



Buat saya, diskon dan tiket gratis ini lebih seperti ke penghinaan terhadap bobotoh yang fanatik daripada solusi mencari bobotoh segmen baru. Buktinya? di pertandingan kandang kemarin, jumlah penonton hanya 6489 orang saja padahal tiket sudah digratiskan, didiskon, dibagikan pada ibu-ibu pengajian, RW hingga partai....

Kitu meureun nya Koh @teddy.tjahjono ? #Persib #Bobotoh #LoveHateRelationShip #Fansib

No comments: