4.04.2007

Kota Yang Dianiaya


Malam baru saja memulai harinya. Suhu udara mulai turun beberapa derajat. Selepas magrib itu, setelah bertemu dengan Imam seorang sohib lama, aku menuju ke timur Bandung untuk pulang. Motorku yang mulai renta, merayap perlahan jalanan dari Haur Mekar-Japati-Gasibu, untuk kemudian berbelok ke Surapati/Suci.

Sampai melewati pertigaan Gagak-Surapati kesadaranku masih dalam dunia andai-andai. Tak kupedulikan suasana jalanan dan keadaan malam itu. Pikiranku tertuju pada istri yang sedang hamil tua, pada pekerjaan, juga pada obrolan yang tadi dilakukan dengan Imam. Mendekati gedung Pusdai, tiba-tiba merasa heran, kenapa jalanan terasa lengang? Biasanya jalan Surapati dari Gasibu hingga Pasar Suci padat, dan seringkali macet. Sontak aku melirik ke kiri dan ke kanan, dan jrengggg…..

Di kiri-kanan jalan tampak onggokan kayu-kayu yang ditumpuk rapi menggantikan pepohonan yang biasanya rindang di sepanjang Surapati. Pemandangan tersebut berlanjut hingga perempatan Surapati-Pahlawan. Bahkan di sekitar kampus Itenas-Dapenpos pemandangan serupa terlihat walau dengan jumlah lebih sedikit.

Rupanya pepohononan yang rindang yang biasanya meneduhkan jalan Surapati telah ditebang seiring dengan rencana pelebaran jalan Surapati. Dibukanya fly over, jembatan layang, Pasteur-Surapati kembali menelan korban. Pada awalnya ratusan bahkan ribuan KK sepanjang jalur fly over yang kontroversial itu mengalami eksodus besar-besaran. Ribuan rumah dan bangunan digusur, ribuan orang berpindah pemukiman entah kemana sebagai koban gusuran. Tak puas dengan Paspati, roda pembangunan menggilas trotoar dan pepohonan sepanjang Surapati. Pembangunan fly over ternyata tidak cukup, jalan penunjang fly over pun musti diterabas agar fly over dapat menemukan fungsinya.

Menurutku pembangunan kota Bandung yang katanya ditata dan direncanakan oleh para ahli, hanyalah bullshit belaka. Pembangunan kota Bandung hanyalah facelift. Hanya seperti orang mengganti casing ponsel tanpa memperbaiki software dan hardware di dalamnya. Hanya ganti casing dari merah ke hijau, biru ke ungu, kuning ke entah. Tak lebih.

Sekian banyak pepohonan sepanjang Pasteur hingga Cicaheum dikorbankan atas nama pembangunan dan kelancaran ekonomi. Tak cukup dengan itu, jalur Tahura Djuanda-Punclut-Lembang kini dalam ancaman pembangunan jalan. Lagi-lagi atas nama kelancaran ekonomi dan pemerataan pembangunan.

Pembangunan apa? Pembangunan jalan layang, jalan tol, jalan raya berlapis beton, hanya dapat dinikmati orang-orang kaya yang memiliki mobil berjubel. Orang miskin yang berjalan kaki, naik sepeda, mendorong gerobak, mengayuh becak, naik angkot, naik bis kota sama sekali tidak bisa melewati jalan layang. Termasuk jalan layang Cimindi dan Kiara Condong. Orang miskin dipersilahkan berdesak-desakan, macet di bawah jalan layang, di jalan yang becek dan berlubang. Sementara itu pepohonan sumber udara bersih ditebang dan dikorbankan, diganti dengan plang-plang baja reklame produk yang sama sekali tidak kita butuhkan. Pembangunan jalan hanya menghamburkan devisa negara yang sebetulnya semakin menipis.

Pembangunan jalan hanya menguntungkan produsen kendaraan bermotor (baca: mobil) dan merugikan rakyat daripada membuat transportasi menjadi lancar. Langkanya BBM adalah karena disedot oleh orang-orang kaya yang memiliki mobil lebih dari kebutuhannya, dan subsidi BBM yang seharusnya menjadi milik rakyat miskin, dimakan oleh orang-orang kaya dengan mobil ber-ac-nya.

Pembangunan apa? Setelah bukit-bukit sekitar Bandung digunduli dan dijadikan pemukiman, kini pepohonan di dalam kota berada dalam ancaman. Coba hitung, 20 tahun lalu hampir setiap ruas utama kota Bandung masih diteduhi pepohonan. Tapi kini? Hanya tinggal sebagian Jalan Dago-Merdeka, Diponegoro hingga Ujung Supratman-A.Yani, Cihampelas, Cipaganti, sebagian Setiabudi, Sebagian Riau/Martadinata hingga Lingkar Selatan. Ruas jalan utama yang lain harus menunggu sedikitnya 20 tahun ke depan untuk kembali rindang. Itu pun bila pemkot tak lupa menanam kembali dan rajin menyirami pepohonan yang mereka tanam…

Pembangunan Bandung sebenarnya lebih pada penganiayaan dan pembunuhan. Bandung lama yang ‘gadis kampung’ perlahan dibunuh dan digantikan dengan Bandung Baru yang 'gadis metropolis'. Metropolis dengan segala kecongkakan dan kemunafikan. Bandung kini tak lebih dari sekedar perpanjangan tangan Jakarta yang penuh sesak dan berjubel. Setelah Botabek dan Karawang tak sanggup menahan derasnya Jakarta, kini Bandung mengalami getahnya.

Buktinya adalah pembangunan dan peresmian jalan to Cipularang yang dapat menghubungkan Bandung-Jakarta hanya dalam 1,5 jam saja. Bahkan lebih cepat daripada waktu tempuh Kampung Rambutan-Tanjung Priuk. Dan, lagi-lagi orang miskin tidak boleh lewat jalan tol. Jalan tol hanya untuk kalangan berduit saja. Orang miskin yang naik bis ekonomi hanya boleh lewat Cianjur atau tol Cikampek saja… Menyedihkan.

Bandung kini bukan Bandung yang kukenali lagi. Tak ada lagi kabut di pagi hari seperti 15 tahun lalu. Hampir setiap ruas jalan dilanda kemacetan parah sepanjang siang. Dulu, untuk mencapai Gedung Sate dari Kiara Condong dengan menggunakan angkot 09 hanya diperlukan waktu 15 menit. Bandung-Jatinangor menggunakan bis kota Damri Dipati Ukur-Jatinangor hanya 45 menit. Kini? Mimpi kali yee…

Sungguh, Bandung dianiaya para penguasa dan pengusaha. Dianiaya kekuasaan dan kekayaan. Bandung kini bukan milik orang Bandung lagi. Bandung kini tak bertuan. Bandung kini adalah Zombie Metropolis seperti Jakarta atau Surabaya. Bandung kini telah dianiaya oleh para pemuja harta dan konsumerisme. Mungkin, Bandung akan berganti nama menjadi Jakarta Timur Jauh atau Jakarta Timur Banget. Who knows...

20 Juli 2005, 12.00 WIB sungguh, aku menangis dibuatnya…

foto: dudi sugandi/PR On Line
pernah didistribusikan via Friendster Blog dan Milis Blue Hikers FSUP