4.04.2007

Selamat Jalan Oom Chrisye


Jumat pagi, 31 Maret 2007. Televisi-televisi Swasta menayangkan berita duka cita:
Innalillahi wa inna illaihi rojiun. Telah kembali ke haribaan-Nya, H, Chrismansyah Rahadi atau Chrisye, setelah sekian lama menderita kanker paru-paru, dalam usia 58 tahun. Semua terhenyak. Semua berduka. Tapi Alloh SWT telah menentukan apa yang terbaik untuk ciptan-Nya. Kanker paru-paru itu tak akan lagi menyakiti Oom Chrisye. Sang Legenda Pop Indonesia, kini sudah kembali ke pangkuan Sang Khalik Penciptanya.

Lagu-lagu Oom Chrisye akan tetap dikenang para penggemar musik Indonesia. Tua dan muda. Bahkan mungkin untuk generasi baru yang saat Oom Chrisye meninggal, belum lahir. Lagu-lagu yang dinyanyikan Oom Chrisye akan senantiasa mengalun di jagat musik Indonesia.

“Hip-hip Hura-Hura”, adalah lagu yang pertama kudengar secara utuh, dalam arti tahu siapa yang menyanyikan dan bagaimana lagunya. Saat pertama kudengar lagu itu, aku masih duduk di SD. Kelas 4 atau 5 mungkin. Atau mungkin kelas 3 atau kelas 2. Entahlah, bagian itu tak penting. Yang penting yang kuingat adalah lagu tersebut kulihat di TVRI dalam acara Aneka Ria Safari (yang lebih dulu almarhum). Dengan gayanya yang khas, Oom Chrisye membawakan lagu riang itu diiringi penari latar yang berpakaian warna-warni.

[…]
O hip-hip hura-hura (hura-hura)
Uuu, aku suka dia (suka dia)
Uuu, aku jatuh cinta (jatuh cinta)
Dia pun menanti
Cinta bersemi di hati
Di hati ada cinta
[…]

Selain itu aku teringat akan kaset lama soundtrack film Badai Pasti Berlalu. Di album itu Oom Chrisye menyanyikan banyak lagu hits yang menembus batas ruang waktu. Bahkan di awal millenium baru, seiring re-make film tersebut, album Badai Pasti Belalu juga dirilis ulang dengan judul Badai Pasti Berlalu Millenium. Arransemen baru dan nafas baru lahir di album ini. Tetapi ciri khas dan kebeningan suara Chrisye tetaplah seperti yang kudengar di album terdahulu.

Semoga lilin-lilin kecil menerangi istirahatmu di samping-Nya Oom Chrisye
Semoga karya dan pengabdianmu menjadi inspirasi bagi kita yang ditinggalkan

foto: Kompas.com//Hasanuddin Assegaff
Ciamis, 010407

No comments: